Minggu, 03 April 2011

PKPU dan PWP Resmikan Saluran Air Bersih

Magelang–Paska kembalinya penduduk dari pengungsian, ketersediaan air bersih merupakan permasalahan yang harus dihadapi oleh warga dusun Karanganyar Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Hal ini terjadi setelah banjir lahar dingin menghancurkan saluran air menuju ke rumah-rumah warga. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga harus berjalan sejauh 2 kilometer dari dusun mereka.  PKPU Semarang melalui Program Recovery Merapi bekerjasama dengan Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina UPMs IV memberikan bantuan pembuatan saluran air bersih bagi warga.
Kamis (31/3) bertempat di Dusun Karanganyar Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Persatuan Wanita Patra (PWP) Pertamina UPMs IV dengan PKPU Semarang meresmikan
pembuatan saluran air bersih bagi warga. Setelah 2 bulan lamanya dusun mereka tidak dialiri air bersih karena bencana lahar dingin yang begitu dahsyat itu.
Kedatangan rombongan sempat terhambat karena jembatan kali Pabelan yang menghubungkan Kota Magelang dengan Kota Muntilan yang merupakan akses utama menuju Dusun Karanganyar terputus akibat tergerus aliran lahar dingin Gunung Merapi sehingga rombongan harus melewati jalur alternatif agar dapat mencapai Dusun Karanganyar. Kedatangan rombongan disambut dengan atraksi kesenian tradisional warga setempat berupa tarian jaran kepang.
Yatin, selaku Kepala Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang menyambut baik kedatangan rombongan PKPU Semarang beserta PWP. Dalam sambutannya, Yatin menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan pembuatan saluran air bersih yang diberikan PKPU dan PWP untuk warga dusun lereng merapi itu.”Saya berharap kegiatan ini merupakan awalan dari program lain yang dapat dilakukan di desa Ngargomulyo” tambahnya.
Sementara Ketua PWP, Dinar Iwan Hartawan menyampaikan rasa simpati dan empati atas penderitaan warga yang dirasakan warga desun yang mayoritas adalah petani itu. “Kami dari ibu-ibu Pertamina mengumpulkan dana sosial untuk warga di sini” ungkap Dinar. “Kami berharap dengan pembangunan saluran air bersih ini dapat meringankan kesulitan warga yang telah dirasakan selama ini”, lanjutnya.
Selain meresmikan penggunaan saluran air bersih, rombongan PKPU Semarang dan PWP juga melakukan aksi pengobatan gratis bagi warga masyarakat dan menyaluran bantuan sembako bagi warga.
Bagi para mitra dan donatur yang berminat berpartisipasi dalam program PKPU dapat menghubungi PKPU Semarang, Jl Setiabudi 70 Semarang Telp. 024-70787578 untuk personal atau 081904342280 bagi coorporate. (PKPU/Supri/Semarang)
Dokumentasi:





0 komentar:

Posting Komentar