Senin, 11 April 2011

Pendidikan Hidup Sehat Sejak Dini oleh PKPU dan PT. Unilever Indonesia

KUDUS - Berbeda dari biasanya, pelajaran sekolah TKIT Ustman bin Affan hari itu (6/4) hanya sampai jam 10 pagi. Suasana riuh senang dan sesekali bercampur tangis anak-anak TKIT menyambut kedatangan PKPU bersama Tim Kesehatan Puskesmas Rendeng Kota Kudus. Mengawali acara, dihadapan sejumlah 90 anak-anak TK Tim Kesehatan langsung terjun dan mengajarkan tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Awalnya, anak-anak belum terlalu mengerti tentang apa yang sedang dijelaskan. Tapi beberapa saat kemudian, ketika diperagakan dengan beberapa alat peraga seperti model gigi dibantu dengan gambar-gambar yang lucu, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini.  Sejurus dengan itu, para guru pun ikut merasa senang dengan kegiatan seperti ini karena anak-anak mendapatkan pengalaman yang mungkin baru pertama kalinya bagi mereka. Harapannya, dengan program ini siswa akan senantiasa menjaga kesehatan badan dan juga lingkungan.

Sulikin, kabid Pendayagunaan dalam sambutan singkatnya mengatakan pembentukan perilaku adalah proses pembiasaan yang memerlukan waktu yang panjang dan membutuhkan keteladanan. “Hal inilah yang mendasari penyelenggaraan PHBS di sekolah ini” Tambahnya.

Setelah mendapatkan penyuluhan anak-anak kemudian mempraktekkan bagaimana cara  membuang sampah yang benar, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Selain itu, dengan cerianya anak-anak mempraktikkan bagaimana menggosok gigi yang baik dan teratur. Selain bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan, acara ini di dukung oleh PT. Unilever Indonesia distributor Kudus.

Sebagai bagian dari acara ini,  Kusriyadi, perwakilan PKPU menyerahkan bantuan secara simbolis berupa tempat sampah, timbangan badan, tempat tisu, dan pengukur tinggi badan kepada perwakilan sekolah. (PKPU/Defi/Kudus)


Dokumentasi:







0 komentar:

Posting Komentar