Kamis, 07 April 2011

PKPU Berdayakan Ibu-Ibu Rumah Tangga

TEGAL - Setiap pagi ibu-ibu berjilbab ini selalu berjalan dengan penuh semangat menuju sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat berkumpul. Setelah sampai dengan sigap semua mengambil tugasnya dan melakukan aktivitas bersama-sama hingga siang hari. Ada yang memasak, mengolah, keliling dan sebagainya. 

Ya! Merekalah Ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Binaan PKPU KCP Tegal yang mereka beri nama KUBE MAJU Cake and Bakery. Sebuah kelompok usaha ibu-ibu yang bergerak dalam bidang pembuatan kue tar, brownis, snack dan jajanan kecil semacamnya.

KUBE Maju Cake and Bakery yang beralamat di Jl Cipto Mangunkusumo, Krandon, Margadana, Kota Tegal ini berdiri sejak Jumat (11/3/2011) beranggotakan 10 ibu-ibu yang sebelumnya
menganggur di rumah lalu berinisiatif untuk membentuk usaha bersama dalam rangka membantu suami mereka menopang kehidupan rumah tangga.

Waktu yang sebelumnya dirumah tidak termanfaatkan dengan baik, kini penuh dengan aktivitas berguna bahkan menghasilkan uang. Kesulitan ekonomi yang ada tidak membuat mereka menyerah dengan meminta minta atau pasrah dirumah tetapi membuat mereka berfikir dan bergerak untuk berusaha membangun ekonomi dengan segenap kemampuan yang ada dibantu oleh PKPU dengan pemberian modal awal dan pendampingan.

Menghimpun segenap potensi yang ada para Ibu tangguh ini setiap pagi berkumpul untuk belanja, memasak hingga mendistribusikan makanan yang sudah jadi. Meski mereka adalah Ibu-ibu dari desa namun pengelolaan usaha dilakukan secara profesional dengan pembagian tugas yang tersusun rapi.

Hasilnya cukup luar biasa, dimana dalam dua minggu mereka mulai beroperasi sudah ada 40 kotak kue bisa terdistribusi setiap hari. Targetnya dalam satu bulan mereka bisa mendistribusikan hingga 100 kotak per hari. Kotak-kotak kue ini mereka titipkan di sekolah maupun warung-warung yang ada. Disamping itu order pesanan untuk berbagai acara juga mulai banyak membuat mereka semakin mantab dan lebih keras bekerja.

Selain menjual rasa yang enak dengan berbagai macam variasi makanan di Kube Maju Cake and Bakery ini juga selalu menjaga nilai gizi dan kesehatan. Bahan-bahan yang digunakan memakai bahan yang alami termasuk pewarna, pengembang adonan serta rasa sehingga kue kuenya tidak hanya enak tapi juga sehat dan bergizi. (PKPU/Fauzi Ali/Tegal)



Dokumentasi:

0 komentar:

Posting Komentar