Senin, 19 Maret 2012

Pelatihan Baby Sitter Gratis Kerjasama PKPU Semarang dan PSIK Undip


SEMARANG- Pelatihan Baby Sitter kembali diselenggarakan oleh PKPU Semarang yang bekerja sama dengan PSIK Undip, dimulai kemarin Senin (19/03/12), pukul 09.00 pagi, di kantor PKPU Semarang. Acara dibuka dengan sambutan dari Pak Miftahul Surur, selaku Ketua Bidang Pendayagunaan PKPU Semarang dan Ibu Meira Erawati Sofyan, M.si.Med, selaku perwakilan dari PSIK Undip. Menurut Ibu Meira, PSIK Undip bersama PKPU Semarang berkeinginan agar dapat ikut berperan dalam kemajuan perempuan. PSIK dalam hal ini bermaksud menjawab tantangan apakah mampu menularkan ilmu yang sudah diterima di kampus untuk diaplikasikan kepada masyarakat.

Pelatihan Baby Sitter PKPU-PSIK Undip dijadwalkan selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 19 Maret 2012 sampai dengan 13 April 2012. Kelas pelatihan dimulai pukul 09.00 pagi dan selesai pukul 12.00 siang. Pemateri adalah dosen-dosen yang berasal dari PSIK Undip yaitu Ibu Meira Erawati Sofyan, M.si.Med, Ibu Sari Sudarmiati, S.Kp.,M.Kep.Sp.Mat, Ibu Elsa Naviati, S.Kep, M.Kep, dan Ibu Dwi Susilawati, M.Kep.Sp.Mat. Materi-materi yang akan diberikan nantinya secara umum adalah mengenai bagaimana merawat bayi dan anak, mendeteksi gejala-gejala dini penyakit yang mesti diwaspadai pada bayi dan anak, tips-tips tentang suplemen gizi yang tepat untuk anak, dan materi lainnya.

Pada pelatihan kemarin, materi yang disampaikan oleh Ibu Meira adalah mengenai Pertumbuhan Bayi dan Anak. Ibu Meira menyampaikan kepada para peserta bahwa semakin tumbuh besar, bayi akan semakin banyak ‘kesibukan’. Mereka akan semakin banyak aktivitas gerakan motorik, kepekaan saraf-saraf makin tumbuh pada rangsangan dunia luar, dan mereka akan semakin sering menangis. Jika ternyata seiring tumbuh kembangnya bayi, intensitas tangisannya tidak meningkat dan porsi jam tidur bayi tidak makin berkurang, maka baby sitter perlu mewaspadai dan melaporkan pada ibu si bayi sekiranya bayi memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter anak.

Peserta tampak antusias menyimak materi. Beberapa kali, salah satu di antara mereka mengajukan pertanyaan. Para peserta terdiri dari para ibu muda yang memiliki rencana profesi sebagai baby sitter. Namun begitu, beberapa diantara mereka ada yang telah bekerja sebagai baby sitter. Motivasi mereka mengikuti acara ini adalah agar mereka dapat menambah ilmu dan meningkatkan skill tentang bagaimana merawat bayi dan anak sehingga mereka dapat memanfaatkan ilmu tersebut untuk lahan penghasilan hidup mereka.
Saat ini, PKPU masih memberikan peluang bagi masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan gratis ini. Program ini dikhususkan bagi wanita yang memiliki rencana profesi sebagai baby sitter ataupun wanita yang sudah bekerja pada suatu rumah menjadi baby sitter. Jika tertarik, masyarakat dapat menghubungi Bapak Aan PKPU Semarang pada nomer seluler 085742447172 (PKPU/Aisyah/Semarang).

Ibu Meira tengah memberikan sambutan

Seorang peserta bertanya tentang pilihan mainan yang tepat untuk anak 

Ibu Meira tengah menyampaikan materi

Pak Surur memberikan sambutan kepada peserta pelatihan


0 komentar:

Posting Komentar