Rabu, 16 November 2011

Laporan Qurban 1432 H PKPU di Somalia


DR Montasyir : Kami turut bangga Indonesia bersama kami

Beberapa hari sudah proses penyelenggaraan hewan qurban selesai. Namun berbagai peristiwa menyimpan kisah dan cerita-cerita bagi siapa saja yang terlibat didalamnya. Suatu saat ketika tim Sebar Qurban Nusantara PKPU mengunjungi pusat perternakan terbesar di Somalia, sambutan hangat di tunjukkan oleh para pengelolanya. Mereka memperkenalkan diri dan demikian pula sebaliknya dengan kami tim SQN PKPU Aid For Somalia. Bahkan diantara mereka sudah paham akan kedatangan kami. Ditambah bahwa kami ternyata datang dari negeri yang jauh di Indonesia.



Setelah perkenalan tim SQN di tunjukkan beberapa jenis ternak. Walau PKPU hanya akan menyembelih ternak Sapi namun mereka juga menunjukkan ternak lain seperti kambing dan unta. Selama field trip ini sambutan hangat juga ditunjukkan oleh para pekerja dan pengasuh ternak. Menyalami dan antusias mendengar diskusi kami dengan para pengelolanya.

Seperti diketahui salah satu andalan devisa Somalia sebelum perang sipil dan kekeringan adalah Industri peternakan (Agropastoral) yang turut mendukung kebutuhan Afrika Timur dan bahkan Timur Tengah seperti Arab Saudi. Hal ini juga diungkapkan kepala pusat peternakan ini DR Muntasyir. Sejak awal pertemuan kami tim SQN oleh beliau disambut dengan sangat antusias bahkan setiap sela katanya tak lupa menyampaikan terima kasih untuk masyarakat Indonesia.

Beliau bercerita tentang hubungan Indonesia dengan Somalia dan Negara-negara Afrika termasuk Mesir. Untuk keperluan dan amanah masyarakat Indonesia kami siap melayani anda, ungkap Doktor berkebangsaan Mesir ini. Saya sangat paham tentang Indonesia dan masyarakatnya karena saya dari Mesir tambahnya. Diakhir kunjungan kami beliau berpesan sekali lagi dengan dialek khas mesir-nya we also proud to Indonesia with us (kami turut bangga Indonesia bersama kami). Demikian ia berpesan kepada masyarakat Indonesia khususnya para pequrban dan donatur yang sudah membantu Somalia. Beliau masih tetap bertahan membantu pengelolaan kawasan peternakan ini walau dalam situasi sulit dan kondisi perang. (PKPU/MK/Somalia)


Dokumentasi:


0 komentar:

Posting Komentar