Rabu, 01 Juni 2011

Dieng Siaga, PKPU Kirimkan Logistik dan Relawan Rescue

PURWOKERTO - Status Wilayah Kecamatan Batur dinyatakan sebagai siaga satu. Senin sore (20/5/2011) tim PKPU KCP Purwokerto langsung menerjunkan tim relawan yang dipimpin langsung Kepala KCP PKPU Purwokerto Priambodo Ario Pamungkas, dengan membawa bantuan tahap pertama berupa air mineral kemasan dan masker untuk pengungsi.

Tiba di lokasi, PKPU langsung
berkoordinasi dengan komandan operasi lapangan, Pak Aris S yang juga menjabat sebagai Kepala Kesbanglinmas Kabupaten Banjarnegara. “Kami ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada PKPU yang telah hadir di posko induk ini mengantarkan bantuan logistik untuk membantu para korban bencana,” ujarnya.

“Hingga saat ini, kami masih membutuhkan logistik yang cukup banyak, terutama makanan siap saji. Sementara untuk bahan makanan mentah, akan kami olah di dapur umum untuk didistribusikan kepada para pengungsi. Selanjutnya, rekan dari PKPU kami harap bisa mengikuti rapat koordinasi yang kami adakan sebentar lagi untuk mensinergiskan kerja-kerja posko induk dengan para relawan,” jelas Aris S, komandan operasi lapangan posko induk Batur.

Para pengungsi tidak terpusat di posko induk saja, namun menyebar di rumah-rumah penduduk. Dusun terparah yang mendapatkan pengawasan khusus adalah Dusun Simbar dan Dusun Serang Desa Sumberejo Kecamatan Batur. Jumlah pengungsi sementara yang terdata sebanyak 873 orang dengan mayoritas pengungsi laki-laki.

Untuk pengungsi wanita telah diungsikan pada masa awal bencana terjadi. Adapun Posko Induk mengambuil tempat di gedung Kecamatan Batur dan Pos Layanan Kesehatan dipusatkan di SMUN 1 Batur. Tim PKPU sendiri ditugaskan di posko layanan kesehatan mengingat untuk sementara waktu, semua aktifitas harus berada dalam komando posko induk.

Bantuan yang sangat dibutuhkan adalah makanan siap saji serta lauk pauk atau bahan mentah berupa mie instan, beras, sarden, minyak goreng, gula, kopi, teh, air kemasan mineral dan jahe instan. Selain itu, posko induk juga sangat membutuhkan HT karena terbatasnya sarana komunikasi di posko induk.

Jumlah tenaga kesehatan untuk sementara berjumlah 18 orang. Namun jumlah ini masih kurang, mengingat ada dua jadwal kunjungan ke lokasi bencana untuk memberikan layanan kesehatan langsung. Praktis perlu ada penambahan relawan medis baik dokter maupun tenaga kesehatan.

Rencana sementara penanggulangan bencana adalah pemetaan jalur komunikasi dan jalur evakuasi, pendataan relawan dan logistik tiap hari, pemasangan rambu evakuasi, pemasangan benera detector angin, evakuasi di dua Dusun Simbar dan Dusun Serang, serta penyediaan media center.

Hingga berita ini ditulis, Selasa pagi (31/5/2011) direncanakan akan dilakukan evakuasi di dua dukuh yaitu Simbar dan Serang. Mekanisme evakuasi masih dibahas di posko induk antara relawan dengan petugas utama. Sore ini, tim rescue PKPU akan kembali membawa logistik tahap II berikut relawan rescue yang akan membantu evakuasi pengungsi.

Bantuan dalam bentuk dana bisa disalurkan melalui PKPU Pusat, Telp 87780015, 08041002000 (pulsa local), atau dapat menghubungi PKPU Semarang via Call Center 024-70787578 dan PKPU KCP Purwokerto Jl Letjen Pol Soemarto RT 003/01 Purwanegara, Telp 0281-7958080, transfer rekening BMI Cabang Purwokerto No. 0000783127 a.n PKPU atau BNI Cabang Purwokerto Nomor 0216318746 a.n PKPU (PKPU/Priambodo/Purwokerto)

0 komentar:

Posting Komentar