Kamis, 14 April 2011

Astri Ivo Hadiri Seminar Pendidikan Anak PKPU

Surabaya,  - Saat ini teknologi berkembang pesat. Perkembangannya tak dapat dihindari dan masuk ke ranah anak-anak. Salah satunya masuk dalam bentuk games. Saat ini anak-anak sangat mudah untuk mendapatkan berbagai bentuk permainan misalnya Play Station (PS) maupun games lain yang dapat diunduh melalui handphone maupun internet.

Tidak heran banyak anak-anak kecanduan dari berbagai jenis games. Ahli bedah syaraf mengatakan bahwa adiksi (kecanduan) mengakibatkan otak bagian tengah depan yang disebut Ventral Tegmental Area (VTA) secara fisik mengecil.

Menyikapi keprihatinan ini, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU mengadakan seminar pendidikan anak, bertajuk
“Cara Cerdas Mengatasi Kecanduan Games pada Anak”, Minggu, 10 April 2011. Seminar ini menghadirkan Astri Ivo (artis dan pemerhati anak), Bagoes Sanyoto (Psikolog Anak dan Ketua LPM PPK Motivasi), dan Drs. Masykur HS. M.Sim Kasi Kurikulum dan Pembinaan Pendidikan dasar, Dinas Pendidikan Surabaya. Acara berlangsung di Hotel Oval, pukul 08.00-12.00 WIB.

“Seringkali, orangtua tidak mengerti bagaimana menyikapi anak yang sudah kecanduan games. Sebagai persembahan PKPU untuk para donatur dan kontribusi kepada masyarakat umum, PKPU berinisiatif mengadakan seminar ini,” ungkap Romdlon Hidayat, Kepala Cabang PKPU Surabaya.

Dari data yang dihimpun oleh konselor remaja Yayasan Kita dan Buah Hati, diketahui ada sekitar 18% dari 1625 siswa kelas IV-VI melihat tayangan pornografi melalui video games yang banyak beredar di masyarakat. Selain merusak respon otak anak, kecanduan games berpotensi untuk mengubah perilaku dan mental anak. Keprihatinan ini sudah selayaknya dirasakan oleh para orangtua, guru, dan elemen masyarakat yang lain.

“Orangtua tidak cukup memberikan pendidikan dan pengajaran keilmuan, tapi juga harus membangun kecerdasan anak dengan modal dasar akidah, budi pekerti, contoh dan teladan, disiplin, serta kecerdasan emosi,” kata Bagoes Sanyoto, salah satu pembicara yang hadir.

Seminar ini terbuka untuk umum, terutama wali murid dari sekolah-sekolah yang diundang oleh PKPU dan donatur PKPU. Diharap seminar ini bisa bermanfaat untuk peserta dalam mengatasi dan mengantisipasi kecanduan games pada anak. Lembaga Kemanusiaan PKPU menggandeng Nice Medina Event Organizer untuk membantu pelaksanaan acara ini.

0 komentar:

Posting Komentar