Rabu, 04 Juli 2012

Mahasiswa Ikut Hijaukan Titik IVC Tanggul Asri

SEMARANG - Senam sehat menjadi awal kegiatan pemberdayaan masyarakat atau IVC (Indonesia Village Care) yang dilakukan PKPU Semarang di wilayah Tanggul Asri Kelurahan Pedurungan Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, Minggu (17/6/2012). Senam sehat ini diikuti oleh sebagian besar warga RT VII RW 2 dan di dominasi oleh ibu-ibu rumah tangga.

Acara semakin meriah saat mahasiswa berbondong-bondong ikut bergabung. Para mahasiswa tersebut berasal dari berbagai universitas antara lain UNDIP, IAIN Walisongo dan lainnya. Tujuannya untuk belajar langsung bersosialisasi dengan warga masyarakat Tanggul Asri.

Senam jadi lebih meriah lagi karena ada pemberian doorprize kepada peserta. Setelah senam selesai dilanjutkan dengan pengobatan gratis dan pemberian makanan tambahan bagi balita. Terlihat warga sangat antusias dengan acara tersebut.

Berbarengan dengan pengobatan, para laki-laki bersama mahasiswa laki-laki melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar serta membersihkan aliran sungai. “Merupakan pengalaman baru bagi kami mahasiswa melakukan kegiatan seperti ini,” ungkap Rudi salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Semarang.

Sebagai titik fokus dari kegiatan kerja bakti adalah Recovery Greenspot yang berada pada dua titik yang berbeda. Greenspot kembali dibersihkan dan diolah dengan mencangkul, dengan tujuan agar tanah menjadi gembur dan dapat lebih produktif.

Bersama-sama warga Greenspot diolah dan ditanam kembali dengan bibit-bibit tanaman obat dan lain sebagainya. Warga juga membuat pagar di sekitar greenspot dengan bambu sebagai upaya mengurangi resiko kerusakan pada greenspot.

Selain pembuatan pagar, dibuat juga struktur kelembagaan untuk merawat Greenspot. Diharapkan dari struktur yang dibuat dapat menjaga dan merawat greenspoot yang sudah ada dan dari hasil yang ditanam di greenspoot dapat bermanfaat juga untuk warga.

Bagi para mitra dan donatur yang berminat mengembangkan program ini dapat menghubungi PKPU Semarang, Jl Setiabudi 70 Semarang Telp. 024-70787578 untuk personal atau 081904342280 bagi perusahaan. (PKPU/Didik/Semarang)







0 komentar:

Posting Komentar