Selasa, 15 Maret 2011

PKPU LAUNCHING KOMUNITAS PEDULI LANSIA SEHAT

SEMARANG - Menjadi lanjut usia (Lansia) merupakan salah satu fase hidup yang akan dialami oleh setiap manusia, meskipun usia bertambah dengan diiringi penurunan fungsi organ tubuh tetapi bukan tidak mungkin Lansia dapat merasakan hidup sehat. Salah satu hal yang paling penting adalah merubah kebiasaan. Tidak hanya meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, tetapi beberapa pola hidup sehat seperti olah raga dan menjaga pola makan memang harus dilaksanakan. Bahkan lebih baik lagi apabila kebiasaan hidup sehat dapat dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu usia lanjut.

Karena itu pada hari ini Jumat (11/3) Klinik Peduli PKPU Semarang menggelar program “KOMUNITAS PEDULI LANSIA SEHAT”. Gerakan ini diawali oleh
pasien klinik yang sudah berumur pra lansia sampai yang sudah lanjut usia. Program ini bertujuan untuk mengajak  meraka dari sejak dini agar berperilaku sehat dan bugar di usia lanjut. Dengan kegiatan ini diharapkan di usia lanjut hidup mereka dapat lebih produktif dan mandiri dalam kesehatannya.

Ibarat kata, ‘kesehatan tidak berarti segala-galanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti’. Rina Haryanti, kepala divisi kesehatan PKPU Semarang mengungkapkan keharusan bagi para lansia untuk selalu menjaga, merawat, memelihara dan menyanyangi kesehatannya. “Tetap semangat, tetap sehat!” ungkap Rina menyemangati para lansia. Program ini, lanjut Rina, rencananya akan dilaksanakan rutin setiap Jum’at pekan kedua di Aula Klinik PKPU. Program Komunitas Lansia sehat ini akan diisi dengan beberapa kegiatan antara lain senam lansia, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, penyuluhan kesehatan dan pemberian makanan tambahan bagi lansia.

Materi senam lansia yang diberikan berupa lansia bugar, SKJ lansia, senam diabet, senam osteoporosis dan teknik tertawa sehat. “Materi tersebut akan secara bergantian diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan lansia yang mengikuti kegiatan ini” tutur Ibu Ani, Instruktur senam lansia.

Kegiatan yang digelarr pukul 15.00  WIB ini diikuti tak kurang dari 35 peserta. Mereka sangat antusias untuk mengikuti gerakan-gerakan senam yang diberikan. Dengan sesekali tersenyum malu, Sumardiyah (71) menikmati acara ini. “Meskipun sudah tua tapi tetap semangat untuk sehat dan awet muda” ugkapnya dengan senyum mengembang. (PKPU/Surur/Semarang)


Dokumentasi:






0 komentar:

Posting Komentar