Jumat, 18 Mei 2012

Beasiswa Nusantara PKPU Menguji Kompetensi Mahasiswa se-Semarang lewat Seleksi Ujian Tulis


Kamis (17/05/12) pagi kemarin pukul 09.00 dilaksanakan ujian tulis seleksi Beasiswa Nusantara PKPU Semarang. Pelaksanaan ujian menempati semua kelas di 3 lantai Gedung B Teknik Arsitektur Undip. Sebanyak 380 peserta yang berasal dari mahasiswa mahasiswi se kota Semarang yang sebelumnya telah lolos seleksi administrasi tampak tenang dan serius mengerjakan soal-soal materi Agama, Keorganisasian, dan Pengetahuan Umum. Setelah ujian ini peserta akan disaring kembali untuk mengikuti seleksi wawancara.

“Soalnya mudah dikerjakan mbak karena intinya minta pendapat dan argumentasi kita. Aku jawab sejujurnya aja. Menurutku PKPU sudah pas milih tempat ujian di sini. Lokasi hening, nyaman, dan tertib.” kesan Wisnu mengenai pengerjaan ujian tadi.

Wisnu (20 th) merupakan salah satu peserta ujian tulis seleksi Beasiswa Nusantara PKPU Semarang. Mahasiswa yang berasal dari Pati ini melanjutkan studi di Jurusan Sistem Informasi Unisbank semester 4. Dia aktif dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dimana ia pernah menjadi koordinator pelatihan web se-Kota Semarang untuk kalangan pelajar SMA.

“Habis ujian ini aku ada koordinasi kepanitiaan di acara seminar kewirausahaan HMPSSI. Alhamdulillah dipercaya jadi ketua panitia.”

“Informasi tentang beasiswa ini aku baca dari pamflet yang ditempel di Unisbank. Menurutku informasi tentang beasiswa ini udah cukup menyebar di semua kampus Semarang. Kira-kira aku lihat ada 15 an lebih teman yang aku kenal dari Sistem Informasi Unisbank, belum yang dari Fakultas Ekonomi.”

“Aku pingin bantu ibuku, mbak. Beliau bertanggung jawab sendiri atas empat orang anaknya. Bapak udah meninggal dari aku kelas 5 SD. Semoga aku bisa terpilih menjadi penerima Beasiswa Nusantara ini.” harap Wisnu.

Lain Wisnu, lain halnya dengan Santi (20 th) dan Nares (19 th). Keduanya merupakan mahasiswi semester 4 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip. Motivasi mereka mengikuti ujian ini lebih kepada tertarik dengan PKPU, selain juga dorongan untuk membantu orang tua membiayai kuliah. Selama ini yang mereka tahu tentang PKPU Semarang hanya dari melihat kantor yang berada di sebelah patung Pangeran Diponegoro menunggang kuda, yang merupakan lembaga bergerak di bidang kemanusiaan. Mereka baru saja tahu kalau PKPU juga menyediakan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

“Aku dapat informasi dari BEM KESMA Undip”, kata Santi. “Kalau aku malah dari facebook grup kelas”, ungkap Nares.

Santi termasuk mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi baik lingkungan dalam kampus dan luar kampus. Selain aktif di Senat Fakultas, Santi juga aktif di UKM Peduli Napza Undip dan sebagai volunteer di IIWC (International Indonesia World Camp).

“Saat ini kebetulan aku belum tertarik ikut organisasi, mbak.” aku Nares. “Tapi aku dulu pernah gabung di Paduan Suara Mahasiswa (PSM) FKM Undip, pernah tampil di acara dies natalis FKM, event seminar nasional. Terus setelah itu ada reorganisasi, aku jadi pengangguran aktivis deh.”

“Aku pingin menguji kemampuan diriku, mbak. Di sini kita berdua bersaing dengan ratusan mahasiswa lainnya. Apakah kita termasuk yang terpilih? Termasuk dari pemenang yang lolos dari seleksi itu. Aku pingin tahu seberapa jauh kompetensi yang aku punya.” urai Nares kemudian.

Pukul 10.30 para peserta telah tampak satu persatu keluar dari ruang kelas ujian. Ada harapan tersimpan di balik tiap langkah kepulangan mereka dari tempat ujian ini.

PKPU Semarang menjembatani harapan dan keinginan masyarakat jika berminat berpartisipasi dalam terselenggaranya program-program pendidikan dan pemberdayaan bagi mustahik yang membutuhkan. Kami menyambut hangat lewat sambungan call center kami di (024) 70787578 untuk layanan jemput donasi. Anda juga dapat mengunjungi kami di Griya Peduli PKPU di Jl Setiabudi No. 70 Banyumanik Semarang serta dapat melakukan transfer donasi ke rekening BCA MT Haryono Semarang: 252.3016075 a.n. PKPU (PKPU/Isy/Semarang)





 

1 komentar:

  1. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus