Rabu, 28 Maret 2012

PKPU dan RELINDO mengadakan Diklat Relawan Indonesia untuk Persiapan Penanganan Bencana


Jepara-  Pada hari Sabtu dan Minggu beberapa hari yang lalu (03-04/03/2012) diadakan Diklat Relawan Indonesia (RELINDO) Tingkat Wilayah/Rescue Training for Indonesian Volunteeres oleh Relindo Jateng bekerja sama dengan PKPU Semarang.

Provinsi Jawa Tengah memiliki cukup banyak daerah yang rentan bencana. Kabupaten Magelang pernah mengalami letusan gunung berapi, banjir lahar dingin (tanah amblas), banjir akibat meluapnya sungai atau tanggul jebol. Kemudian, di Surakarta pernah terjadi bencana banjir, di Klaten terjadi bencana gempa bumi, di Banjarnegara terjadi bencana tanah longsor.

Berkaca dari pengalaman, penanggulangan bencana merupakan tugas bersama. Bukan hanya pemerintah tetapi juga masyarakat baik pada tingkat pusat maupun daerah. Oleh karena itu, Relindo dan PKPU selalu siap sedia menjadi front liner dalam penanggulangan bencana. Salah satu realisasi dari pernyataan ini adalah dengan diselenggarakannya Diklat Relawan Indonesia yang bertempat di Asrama Laboratorium Undip, Pantai Kartini Kab. Jepara Prov. Jawa Tengah dan pantai Bandengan yang diikuti oleh 35 orang peserta. 

Bapak Muhammad Jawad, Direktorat DRM dari PKPU pusat, menjadi pembicara pada sesi materi “Disaster Risk Management (DRM)”. Beberapa narasumber lainnya adalah dari BPB Jateng, BSB Kariyadi, psikolog Undip, SARDA Kab. Jepara, PMI Kab. Jepara, dan para pembina dari Relindo Jateng sendiri.

PKPU sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional yang selama 11 tahun sigap dalam segala penanganan bantuan bencana nusantara sangat mensupport adanya pelatihan-pelatihan semacam ini. Berminat dengan program-progam PKPU lainnya dapat menghubungi PKPU Semarang, Jl Setiabudi No. 70 Banyumanik Semarang, Telp (024) 70787578 atau transfer via BCA MT Haryono Semarang No. 252.3016075 a/n PKPU. (PKPU/Aisyah/Semarang).








0 komentar:

Posting Komentar