Rabu, 22 Februari 2012

Prosmiling Rutin PKPU Semarang, Bersiap Menuju Indonesia Sehat Tahun 2015





Semarang- Pada hari Minggu pagi lalu (19/02/12), tim Divisi Kesehatan PKPU Semarang mengadakan pelayanan pengobatan gratis pada masyarakat wilayah Kagok, RT 02, RW 05, Wonotingal, Kecamatan Candisari, Semarang. Program yang bernama Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) ini merupakan program yang rutin diadakan oleh PKPU Semarang. Oleh PKPU, program ini diadakan menyeluruh di 16 kecamatan di Semarang dengan sasaran utamanya adalah masyarakat pakumis (padat, kumuh, miskin) dan jauh dari pusat yankes (pelayanan kesehatan). Prosmiling diadakan secara gratis. Harapannya, warga miskin yang menderita penyakit seperti flu, ISPA, hipertensi, diabetes, dermatitis, vertigo, chepalgia, myalgia, dan diare dapat menikmati yankes dan tidak dipusingkan lagi dengan biaya pengobatan yang umumnya mahal.  Dengan program ini PKPU telah mendukung program pemerintah menuju Indonesia Sehat pada tahun 2015.

Kegiatan pengobatan PKPU Semarang yang diadakan beberapa hari yang lalu melayani 73 warga yang rata-rata merupakan lansia, ibu rumah tangga dan anak-anak. Sejumlah personil yang terdiri dari dua dokter yaitu dr. Mochammad Taufik Mohar dan dr. Venty Muliana Sari dan 3 perawat yaitu Dewi Setyowati, AMK, Sri Wahyuni SM, dan Desi Setia Nengrum siap melayani pasien semenjak pukul 08.00 pagi sampai dengan 12.00 siang WIB. Kegiatan ini juga dibantu oleh petugas posyandu wilayah setempat.

“Acara pengobatan gratis ini bagus sekali. Kalau bisa (diadakan) secara rutin, mengingat warga kami banyak yang sakit dan butuh pelayanan kesehatan yang siap dan tanggap untuk warga.”, begitu kesan yang disampaikan oleh Bapak Supartono, Ketua RT 02/RW 05, Wonotingal.

Program Prosmiling diadakan secara reguler dan insidental oleh Divisi Kesehatan PKPU Semarang. Program ini diadakan tiap dua bulan sekali berkeliling di 16 kecamatan di Semarang. Sampai pertengahan bulan Februari ini, Prosmiling telah berjalan selama empat kali. Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar seperti yang beberapa kali telah diadakan, karena warga Semarang menunjukkan minat dan antusiasmenya yang besar acap kali tim PKPU datang ke lokasi. 

Bagi warga Semarang yang peduli dan ingin berpartisipasi dalam program ini dapat mentransfer dana ke Rekening BNI Syariah di nomor 55.44.33.7075 atau hubungi call center kami 024-70787578 untuk jemput donasi. (PKPU/’Aisyah/Semarang)

Dokumentasi: 

pemeriksaan kepada lansia
petugas mengukur tensi pasien
meresepkan obat





berlangsung di salah satu rumah warga



0 komentar:

Posting Komentar