Senin, 02 Mei 2011

Orang Miskin (Juga) Bisa Sekolah

Memperingati Hari Pendidikan Nasional

SEMARANGSemua orang tua pasti mengharap anaknya mengecap pendidikan hingga perguruan tinggi. Sebab tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya hidup dalam belenggu kebodohan. Melainkan, semua orang tua berusaha agar anaknya lebih cerdas dan sejahtera dari dirinya. Tetapi kenyataannya, jangankan menikmati pendidikan tinggi, masih banyak anak yang tak bisa menikmati pendidikan dasar. Sangat ironis di tengah-tengah digembar gemborkanya pendididikan gratis dan adanya dana BOS namun ternyata masih banyak yang tidak bisa mengenyam pendidikan.

PKPU Semarang turut ambil bagian dalam rangka memberikan kesempatan bagi generasi bangsa untuk bisa sekolah. Salah satu program pendidikan PKPU Semarang yaitu Beasiswa Terpadu (Beter) bagi siswa sekolah dasar hingga menengah. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2005. “Tahun 2011 ini PKPU akan menggulirkan beasiswa untuk 111 siswa dari keluarga kurang mampu di kota Semarang” ungkap Haryono, Kepala Cabang PKPU Semarang.

Program beasiswa terpadu tahun 2011 ini dilaunching tepat di hari pendidikan nasional, Senin (2/5). Selain pemberian beasiswa, kegiatan ini diisi dengan motivasi dari
Bunda Rosy, motivator yang juga dosen Psikologi Undip beserta Ilham Pildacil yang telah member sentuhan semangat untuk anak-anak beasiswa agar lebih terpompa lagi untuk belajar dan belajar menuntut ilmu. Acara ini digelar pukul 15.30 WIB da berakhir pukul 17.00 di aula Kelurahan Pleburan Semarang. 

“PKPU tidak hanya memberikan beasiswa saja, tetapi juga dilakukan pendampingan dan pembinaan” lanjut Haryono. Kegiatan pendampingan dilakukan secara rutin setiap dua pekan agar semangat belajar siswa terjaga. Haryono juga menuturkan, beberapa program pendidikan selain beasiswa terpadu yaitu pelatihan guru dan balai latihan keterampilan (BLK). Kemudian beasiswa produktif untuk mahasiswa juga bedah sekolah. “Tanggal 28 Mei nanti, Insyaallah PKPU juga  akan menggelar pelatihan untuk guru TK dan SD se-kecamatan Mranggen, Demak” pungkasnya.  

Launching Beasiswa ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD Kecamatan Semarang Selatan Drs. Hj. Musrini Puspowati beliau menyampaikan bahwa anak-anak dengan keterbatasnnya harus terus belajar dan jangan menyerah untuk mencapai kesuksesan.

Pendidikan merupakan hak bagi warga negara tak terkecuali orang miskin. Kendala ekonomi bukan merupakan penghambat untuk mewujudkan impian bisa mengenyam pendidikan. Kemajuan pendidikan anak bangsa, akan memajukan Indonesia.  Mari bantu mereka untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. (Pandu/PKPU/Semarang) 


Dokumentasi:




0 komentar:

Posting Komentar