Senin, 31 Januari 2011

Bekali Pengangguran dengan Keterampilan Hidup


Kudus – Banyaknya jumlah penduduk yang tidak disertai dengan luasnya lapangan pekerjaan menyebabkan bertambahnya angka pengangguran. Jutaan rakyat Indonesia mengalami permasalahan dalam hal financial karena tidak memiliki pekerjaan. Banyak dari mereka yang tidak memiliki keterampilan khusus. Sebenarnya sudah ada upaya untuk mengatasi problem pengangguran baik dari pemerintah mau pun dari pihak swasta.

Melihat kondisi demikian, sebagai bentuk kepedulian, PKPU Kudus mengadakan program Sekolah Berbasis Komunitas (SBK) kelas pelatihan Menjahit Tas. Program ini dilakukan secara bergilir dari desa ke desa yang berpotensi sebagai daerah dengan potensi masyarakatnya mau berkembang. Kali pertama program telah dilaksanakan di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus selama 1 bulan yang mulai bulan Desember 2010 sampai Januari 2011.

Dari banyaknya peserta yang ikut seleksi, 15 orang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini. Mereka begitu antusias belajar membuat tas. Bagi mereka yang sudah mengikuti pelatihan kemudian diberikan kesempatan
magang untuk membuat tas di perusahaan konveksi, bagi yang berkompetensi selanjutnya akan dipekerjakan disana.

Penutupan pelatihan menjahit tas (14/01) di Getassrabi kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dihadiri juga Kepala Desa Getassrabi dan Bapak Saebani, bapak Sholeh. Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PKPU atas segala bantuan dan pelatihan yang telah dijalankan.

Selain itu Kepala PKPU Kudus juga menambahkan, “Pelatihan ini dilaksanakan sebagai wujud dari salah satu program PKPU dan dilaksanakan untuk melengkapi pendidikan formal. Diharapkan peserta memiliki motivasi, pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan daerahnya.” (PKPU/devi/Kudus)




Dokumentasi:

 

0 komentar:

Posting Komentar