Kamis, 22 Oktober 2015

250.000 LITER AIR BERSIH DI BERIKAN KE WARGA GROBOGAN YANG MENGALAMI KEKERINGAN

Dok. PKPU


Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nurul Barqi PT Indonesia Power bekerja sama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Cabang Semarang mengadakan pemberian bantuan air bersih sebanyak 50 truk tanki air atau setara dengan 250.000 liter air kepada warga yang mengalami kekeringan di Kabupaten Grobogan.

Penyaluran  dilaksanakan 20 hingga 24 Oktober 2015 di berbagai desa dan kecamatan di kabupaten Grobogan. Penyaluran pertama sebanyak 5 truk tanki air sudah dilaksanakan pada hari selasa lalu (20/10) di desa Kropak.

Sejak awal Juni 2015, wilayah kabupaten Grobogan mengalami kekeringan. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, wilayah yang mengalami kekeringan parah terjadi di timur sungai Serang seperti Kecamatan Purwodadi, Geyer, Toroh, Pulokulon, Kradenan, Gabus, Ngaringan, Wirosari, Tawangharjo, dan Grobogan. Dan wilayah kecamatan tersebut merupakan wilayah sasaran distribusi air bersih.

Menurut Musyafa, Koordinator Disaster Management Risk (DRM) PKPU Semarang, meyampaikan bahwa PKPU sudah berkoordinasi dengan BPBD dan relawan lokal untuk memetakan daerah terdampak kekeringan dan mempersiapkan dropping air bersih.


Kekeringan di Kabupaten Grobogan meluas. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 107 desa yang terkena. Padahal sekitar dua bulan lalu baru 57 desa yang mengalami kekeringan. Hampir seluruh sumber air bersih seperti sumur gali dan sungai di Grobogan kering. Air yang sudah didistribusikan dibutuhkan warga bisa digunakan untuk konsumsi atau kebutuhkan lain.” , tutur Musyafa. (Abhy)

0 komentar:

Posting Komentar