Minggu, 01 Maret 2015

PKPU Semarang Resmikan Program “Kampung Nutrisi”

Semarang (28/2/2015).  Bertempat di RW VI Dusun Genting Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang, PKPU Semarang telah mengadakan acara Peresmian Program Kampung Nutrisi.  Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB pagi dengan turut mengundang Walikota Semarang yang diwakilkan dan diresmikan oleh Ir. Bambang Haryono selaku Kepala Bappeda. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Camat Tembalang, pejabat setempat, warga setempat dan para tamu undangan Dilanjutkan dengan simbolisasi penyerahan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Balita dan pelantikan kader posyandu.


Selain acara peresmian program, dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), Posyandu dan pemberian PMT serta pengobatan gratis untuk warga sekitar yang turut diundang dalam acara peresmian program Kampung Nutrisi.
Kampung Nutrisi merupakan sebuah program gizi berbasis masyarakat yang fokus pada proses rehabilitasi malnutrisi dan pemeliharaan status gizi balita binaan. Program ini juga, akan berlangsung selama setahun atau dimulai dari Maret 2015 hingga Januari 2016 nanti. Dana program Kampung Nutrisi bersumber dari para donatur PKPU Semarang yang bersedia menyalurkan donasinya untuk program ini.
Tahap program yang sudah dilakukan hingga saat ini adalah, sosialisasi program kepada daerah sasaran, rembug warga, BLS (Base Line Survey) dan Pelatihan Kader Posyandu.
Menurut Ir. Bambang Haryono, selaku Kepala Bappeda menyatakan bahwa banyak memberikan apresiasi yang besar dan penghargaan setinggi – tingginya atas akan terlaksananya program ini.
“Dari tujuh program unggulan rencana pembangunan jangka menengah kami, program Kampung Nutrisi ini memuat tiga program dari sapta(tujuh) program itu, yaitu pendidikan-kesehatan, pemberdayaan wanita/gender dan penanggulangan kemiskinan” Tutur beliau.


Dengan diadakannya program Kampung Nutrisi ini, angka gizi kurang dan gizi buruk pada balita semakin berkurang dan masyarakat bisa Membudayakan kebersamaan dalam mengatasi masalah gizi dan kesehatan balita. (Abhy)

0 komentar:

Posting Komentar