Rabu, 26 Januari 2011

Sekilas PKPU Semarang

Sepuluh tahun sudah, PKPU mengabdikan diri di Jawa Tengah. Diawali dari sebuah kontrakan kecil yang berdomisili di Jl Plamongan Hijau no 55,Pedurungan Semarang. Dengan punggawa pertama 5 pemuda, Tomy Hendrajati, Andi Ismayudi, Ariyanto Putro, Sutopo, Agus Bahtiar Yusuf. Mereka mencoba untuk melayani masyarakat kota semarang yang berjumlah kurang lebih 1.419.478  di wilayah seluas 373.70 Km2.


Pada Maret 2002, kantor kami pindah di Jalan Setiabudi no 55 Banyumanik Semarang. Kami tumbuh menjadi organisasi untuk melayani ummat. Sesuai dengan visi kami ‘Menjadi Lembaga Terpercaya dalam Membangun Kemandirian’, kami melakukan penyaluran melalui pemberdayaan. Kiprah kami terus bertambah meski hanya dengan mengandalkan 5 pemuda tangguh tersebut. Mulai dari pemberdayaan ummat dengan program pemberdayaan ekonomi atau KSM, program beasiswa terpadu, dan santunan langsung kepada dhuafa.


Waktu silih berganti menemani perjalanan PKPU di Semarang. Tantangan besar yang kami terima dalam membantu saudara kita dalam bencana Tusnami di Aceh membuat kami sadar untuk mengepakkan sayap kami lebih tinggi untuk membantu sesama. Atas izin Alloh, jika sebelumnya berdasarkan SK. Menteri Agama No 441 PKPU telah ditetapkan sekaligus dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), pada 21 Juli 2008 sebagai ”NGO in Special Consultative Status with the Economic and Social Council of the United Nations” Lembaga Kemanusiaan Nasional.

Setelah berpindah dari Jalan Kelud Raya no 22 Sampangan Semarang ke Jalan Setiabudi no 70, kantor kami sekarang, PKPU dibantu oleh Kantor Cabang Pembantu (KCP) di Purwokerto, Tegal, Kudus, Boyolali, dan Karanganyar, mempunyai impian besar untuk lebih melayani masyarakat Jawa Tengah. Program-program pemberdayaan terus kami tingkatkan, diantaranya pembangunan Klinik Kesehatan Gratis, Balai Latihan Kemandirian, Sekolah Gratis, Pelayanan Ambulance Jenazah, Pelatihan Rescue, Pengobatan Gratis Keliling, dan Kegiatan Chairity lainnya. (sumodisastro/Media)

0 komentar:

Posting Komentar