Minggu, 26 Juni 2011

100 Masjid di Semarang Ikuti Pelatihan Manajemen Masjid


SEMARANG - Memperingati Isra Mi’raj sekaligus persiapan menghadapi bulan Ramadan 1432 H, PKPU Semarang bersama IKADI Kota Semarang mengadakan Pelatihan Manajemen Masjid se-Kota Semarang, Minggu (26/6/2011) di Ruang Seminar (lantai 2) Gedung Utama IKIP PGRI Semarang.

Pelatihan yang diikuti 160 peserta ini semuanya adalah Takmir Masjid yang tersebar di Kota Semarang. Pelatihan bertajuk “Menuju Masjid sebagai Pusat Peradaban Masyarakat Madani” diikuti secara antusias. 

Dalam pelatihan ini dijelaskan bagaimana menjadikan tugas yang dikelola para takmir berjalan dengan profesional, bagaimana mengemas program-program masjid secara menarik, dan bagaimana merangkai setiap kegiatan Ramadan menjadi lebih menarik dan ramai.

“Kali ini kami mendatangkan pemateri yang sudah ahli di bidangnya, Ustadz Mohammad Jazir, Ketua Takmir Jogokariyan Yogyakarta, yang telah menjadi motor kesuksesan pengelolaan Masjid Jogokaryan, Yogyakarta. Kami berharap kegiatan ini akan menjadikan efek kejut bagi para takmir untuk semakin tergerak mengelola masjid agar mampu menjadi pusat kemakmuran umat,” kata Haryono, Kepala Cabang PKPU Semarang.

Dalam pelatihan ini peserta diajak berdiskusi dan mendalami sejarah kesukesan Rasulullah SAW dalam mengembangkan masjid saat itu. Selain itu peserta juga dijelaskan secara rinci bagaimana menjadikan mengembangkan masjid menuju pusat peradaban masyarakat madani.

Dalam penjelasannya, Ustadz Jazir menyampaikan beberapa problema yang sedang dihadapi oleh masjid-masjid sekarang ini, diantaranya adalah kurangnya kesolidan umat untuk saling membantu dalam memakmurkan masjid.

“Kita sebagai takmir juga harus mempunyai inovasi untuk membangun umat, disamping tata pengelolaan kepengurusan dan regenerasi SDM yang baik. Bahkan seorang marbot pun harus mendapatkan kafalah (penghasilan) yang layak agar dapat fokus untuk merawat masjid dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, PKPU bersama IKADI dan para Takmir Masjid yang hadir bersama-sama untuk senantiasa memakmurkan masjid dan berusaha untuk menjadi profesional demi kemajuan dan kemaslahatan umat. (PKPU/Pandu/Semarang)


Dokumentasi:








2 komentar:

  1. Untuk PKPU, katanya materi pelatihan mau di email, tp sampai sekarang kok belum ada ya, memang belum realisasi apa di cancel ? mohon informasinya

    masroh_smg@telkom.net

    BalasHapus
  2. mohon maaf pak masroh, untuk e-mail yang kami kirim sesuai data yang kami terima dari peserta.

    apabila ada yang belum terima, bisa jadi penulisan email salah, atau expired.

    insyaAlloh akan kami kirim lagi untuk pak Masroh, terimakasih atas informasinya.

    BalasHapus